Senin, 26 Juni 2023

Gunung Ungaran via Perantunan: Cantik dan Menggemaskan

 


Gunung Ungaran via Perantunan: Cantik dan Menggemaskan


Umur berapa Anda tahu, bahwa kisah Rama, Sinta, Rahwana dan Hanoman melibatkan seting  Gunung Ungaran?

Gunung Ungaran adalah gunung berapi tipe stratovulkanik. Gunung ini memiliki ketinggian 2050 MDPL.  Ada tiga basecamp untuk menuju puncak yang terletak di Kabupaten Semarang. Perantunan,  camp Mawar dan Promasan.

Penulis akan membahas naik gunung Ungaran via Perantunan. Mengapa? View paling indah, trek relatif mudah, dan melewati sabana yang wow.

Perantunan terletak di kecamatan Bandungan. Jalan menuju basecamp cukup mulus, tapi sempit dan nanjaknya lumayan. Jadi, hati-hati saja.

Kalau kamu naik motor, bisa parkir di basecamp. Tapi kalau naik mobil, maka parkirlah di lapangan yang disediakan penduduk setempat. Dari tempat parkir ke basecamp bisa naik ojek hanya 10 ribu. Jalan kaki juga bisa. Viewnya lumayan,  kanan kiri kebun mawar.

Basecamp Perantunan dari tahun ke tahun makin tertata. Jumlah toilet makin banyak,  area kemping luas, begitu pula keberadaan pedagang. Makin banyak pilihan.

Naik ke puncak gunung Ungaran via Perantunan menempuh waktu kurang lebih 4 jam. Ini bisa _tek tok_ (naik gunung tanpa nginap), bisa _ngecamp_ di _basecamp_ ,  bisa pula _ngecamp_ di puncak Bondolan. Masing-masing ada persiapan, keasyikan dan kerepotan yang berbeda.

Bila sekedar naik tanpa kemping, sebaiknya berangkat pagi. Siang sedikit biasanya pemandangan sudah tertutup awan. Kalau pun terik, panasnya pasti minta ampun. Bawalah air yang cukup, bekal seperlunya, topi, dan tetap sedia mantel. Cuaca di gunung mudah berubah sulit ditebak macam perasaan perempuan.

Seandainya kamu memutuskan untuk kemping di basecamp Perantunan, view malam sangatlah indah. Udara cukup dingin sehingga jaket dan _sleeping bag_ merupakan bawaan wajib.

 _Sunrise_ bisa dinikmati dari area basecamp, bisa pula di puncak Bondolan atau Butak. Bila merencanakan _summit_ sebelum subuh, wajib membawa senter atau _headlamp_ . Bila berjalan  santai, 2 jam sudah bisa berada di area terbuka untuk menikmati _sunrise_ .

Ada tiga puncak di gunung Ungaran. Bondolan, Butak dan Benteng Raiders. Bondolan merupakan area untuk kemping, berada di ketinggian 1930 MDPL. Tempatnya betul-betul terbuka. Sangat berisiko jika terjadi angin badai. Bila berniat kemping di Bondolan, pastikan bekal air cukup dan pasang tenda dengan kuat.

Perjalanan setelah pos 4 sampai puncak Butak, view berupa savana  sungguh menggemaskan. Selain savana yang begitu cantik, bila cerah kita bisa menyaksikan gunung Merbabu, Sundoro, Sumbing bahkan Lawu. Keren lah pokoknya.

Bagi yang sudah terbiasa naik gunung,  pasti masih punya tenaga untuk mampir ke puncak Benteng Raiders. Jalan dari puncak Butak ke Benteng Raiders melalui hutan hujan yang sangat teduh. Apabila cuaca sedang terik maka perpindahan dari savana ke hutan hujan sungguh nyaman. View di jalur ini penuh dengan pohon besar dan lumut.

Nama Benteng Raiders sendiri diambil dari nama pasukan yang dibentuk oleh Jenderal anumerta Ahmad Yani, salah satu pahlawan revolusi. Awalnya, pasukan Benteng Raiders dibentuk untuk mengatasi gerombolan separatis DI/TII, Darul Islam Tentara Islam Indonesia. Setelah DI/TII teratasi, pasukan ini eksis bahkan pernah dikirim ke Timor Timur.

Pasukan Benteng Raiders menggunakan simbol banteng tanpa telinga (tuli). Ini dimaksudkan,  meski suara peluru musuh berdesingan pasukan tetap maju pantang mundur. Sedangkan  banteng identik dengan hewan yang saat terluka bukan menyerah atau kalah tapi justru makin mengamuk.

Salah satu puncak Gunung Ungaran dinamakan Benteng Raiders, karena pada awal terbentuknya pasukan Banteng Raiders ada tradisi naik gunung Ungaran melalui Medini sebelum dilantik jadi anggota. Tapi jangan dibayangkan jalur di zaman itu senyaman sekarang. Zaman saya SMA saja -kurang lebih 25 tahun silam- gunung ini masih penuh babi hutan. Apalagi tahun 60-an.

Kembali pada Rama, Shinta, Rahwana dan Hanoman. Shinta adalah  istri Rama yang diculik oleh Rahwana. Sedang Hanoman adalah kera putih yang dimintai tolong Rama untuk kembali merebut Shinta. Nah, dalam rangka mengalahkan Rahwana itulah Hanoman menggunakan gunung Ungaran sebagai beban untuk menimbun Rahwana sehingga raksasa itu kalah.

Pembaca, saya menyarankan saat turun gunung belilah makanan di warung yang tersedia di area basecamp. Jangan makan bekal yang dibawa dari rumah.

Mengapa?

Karena jajanmu adalah bahagia mereka.

***

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog Pesona Wisata Kabupaten Semarang

 

1 komentar:

  1. Keren, emang Mba. Meski aku kemarin gak sampai Benteng Raiders, membaca tulisan ini sungguh bisa membayangkan vibesnya😅

    BalasHapus